HUB
     Hub adalah istilah umum yang digunakan untuk menerangkan sebuah central connection point untuk komputer pada network. Fungsi dasar yang dilakukan oleh hub adalah menerima sinyal dari satu komputer dan mentransmisikannya ke komputer yang lain dengan kekuatan sinyal yang sama dengan sinyal asli. Hub menghubungkan semua komputer yang terhubung ke LAN. Hub bisa dikatakan repeater dengan jumlah port banyak (multiport repeater).

Switch
    Switch menghubungkan semua komputer yang terhubung ke LAN, sama seperti hub. Perbedaannya adalah switch dapat beroperasi dengan mode full-duplex dan mampu mengalihkan jalur dan memfilter informasi ke dan dari tujuan yang spesifik. SWITCH memungkinkan juga jarak antar dua jaringan komputer bisa diperjauh. Perbedaannya sinyal-sinyal yang dilewatkan pada SWITCH disampaikan langsung pada komputer tujuan melalui kabel sebuah kabel LAN yang terhubung langsung ke komputer tersebut. Pengiriman sinyal melalui SWITCH dapat dikatakan relatif aman dari pada HUB. Switch merupakan sebuah alat yang menyaring/filter dan melewatkan packet data yang ada di sebuah LAN. Switcher bekerja pada layer data link (layer 2) dan terkadang di Network Layer (layer 3) berdasarkan referensi OSI Layer Model. Sehingga dapat bekerja untuk paket protokol apapun. LAN yang menggunakan Switch untuk berkomunikasi di jaringan maka disebut dengan Switched LAN atau dalam fisik ethernet jaringan disebut dengan Switched Ethernet LANs. Switch adalah perluasan dari konsep bridge.

Bridge
Bridge adalah “intelligent repeater”. Bridge menguatkan sinyal yang ditransmisikannya, tetapi tidak seperti repeater, Brigde mampu menentukan tujuan. Bridge berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah. Bridge bisa menghubungkan tipe jaringan berbeda (seperti Ethernet dan Fast Ethernet) atau tipe jaringan yang sama.

Router
Router adalah peningkatan kemampuan dari switch dan bridge. Router mampu menunjukkan rute/jalur (route) dan memfilter informasi pada jaringan yang berbeda. Beberapa router mampu secara otomatis mendeteksi masalah dan mengalihkan jalur informasi dari area yang bermasalah. Router bekerja dengan cara yang mirip dengan switch dan bridge. Perbedaannya, router menyaring (filter) lalu lintas data. Penyaringan dilakukan bukan dengan melihat alamat paket data seperti yang dilakukan oleh switch, tetapi dengan menggunakan protokol tertentu.

Repeater
Repeater adalah sebuah stasiun untuk menerima sinyal yang masuk dan mengirimnya kembali pada frekuensi yang berbeda.
Tujuan utama repeater adalah memperluas jangkauan operasi dari stasiun bergerak, atau stasiun di daerah rendah atau di daerah terpencil di mana komunikasi simplex biasanya tidak mungkin. Juga dapat digunakan sebagai channel kontak panggilan sebelum beralih ke frekuensi simpleks.

Kelebihan dan KelemahanTopologiBUS

Kelebihan
• Jumlah Node tidak dibatasi, tidak seperti hub yang dibatasi oleh
jumlah dari port (misal : 16 port untuk 16 node)
• Kecepatan pengiriman data lebih cepat, karena data berjalan
searah.
• Lebih mudah dan murah jika ingin menambah atau mengurangi
jumlah node, karena yang dibutuhkan hanya kabel dan konektornya
saja

Kelebihan dan Kelemahan Topologi STAR

Kelebihan
• Jika terjadi penambahan atau pengurangan terminal tidak
menggangguoperasi yang sedang berlangsung.
• Jika salah satu terminal rusak, maka terminal lainnya tidak
mengalami gangguan
• Arus lalulintas informasi data lebih optimal
Kelemahan
• Jumlah terminal terbatas, tergantungdari port yang ada pada hub.
• Lalulintas data yang padat dapat menyebabkan jaringan bekerja
lebih lambat.

.Kelebihan dan Kelemahan Topologi RING

Kelebihan
• Aliran data mengalir lebih cepat karena dapat
melayani data dari kiri atau kanandari server .
• Dapat melayani aliran lalulintas data yang padat,
karena data dapat bergerakkekiri ataukekanan.
• Waktu untuk mengakses data lebih optimal.
Kelemahan
• Penambahan terminal /node menjadi lebih sulit bila
port sudahhabis.
• Jika salah satu terminal mengalami kerusakan, maka
semua terminal pada jaringantidak dapatdigunakan.

Kelebihan dan Kelemahan Topologi Mesh

Keuntungan dari penggunaan topologi mesh:
• Keuntungan utama dari penggunaan topologi mesh adalah fault
tolerance.
• Terjaminnya kapasitas channel komunikasi, karena memiliki hubungan
yang berlebih.
• Relatiflebihmudah untukdilakukan troubleshoot.
Kerugian dari Penggunaan TopologiMesh
• Sulitnya pada saat melakukan instalasi dan melakukan konfigurasi ulang
saat jumlah komputer dan peralatan-peralatan yang terhubung semakin
meningkatjumlahnya.
• Biaya yang besar untukmemelihara hubungan yang berlebih.
Windows 3X
        Windows 3X dirilis pada tahun 1992 oleh Microsoft dan merupakan salah satu PC pertama GUI sistem operasi utama yang digunakan secara luas. Windows 3.1 memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan beberapa fitur yang sebelumnya tidak tersedia di MS-DOS . Beberapa fitur baru adalah penggunaan mouse yang memungkinkan pengguna untuk menavigasi dan memanipulasi data pada komputer dengan satu tangan sederhana dan mudah dan sekarang tidak perlu menghafal perintah MS-DOS. Selain mouse, Windows sekarang memungkinkan para pengguna untuk multitask, yang berarti pengguna sekarang dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa harus menutup dari setiap program sebelum menjalankan lagi.. windows bersama dengan sistem operasi GUL lainnya adalah salah satu dari banyak alasan komputer telah menjadi lebih mudah dan lebih banyak di gunakan.


Windows 95
         Produk pertama yang dikeluarkan oleh windows pada tahun 1995. Didalamnya microsoft office 1995, microsoft berdiri pada tahun 1995.
microsoft meniliki dua  keuntungan yaitu :
1.    Mustahil bagi para konsumen untuk menjalankan windows 95 pada sistem operasi Dos bukan buatan microsoft yang jauh lebih murah.
2.    meskipun jejak Dos tidaklah penuh dicabut dari sistem operasi tersebut malahan versi tersebut menancapkan sebuah versi Dos untuk dimuat sebagai bagian dari proses booting.

Windows ME ( Millinenium Edition )

          Pada bulan september 2000 microsoft memperkenalkan windows millennium Edition versi ini memperbaruhi windows 98 dengan didukung multimedia dan internet yang lebih baik. versi ini juga memasukan fitur "System Restore" yang mengizinkan para penggunanya untuk mengembalikan keadaan sistem ke sebuah titik yang dikenal baiik-baik saja.Windows ME dibuat dalam waktu yang singkat kira-kira satu tahun yang ditujukan hanya untuk mengisi kekosongan rilis antara windows 98 dan windows XP.

Windows XP
     Pada tahun microsoft memperkenalkan windows XP yang memiliki nama kode " Whistler" selama pengembangan akhirnya setelah meliris beberapa versi windows berbasis windows 9X dan windows NT. Windows XP merupakan versi sistem operasi windows yang paling lama karena memang berkisar dari tahun 2001 hingga tahun 2007. saat diliris ke konsumen jajaran sistem operasi windows XP akhirnya diteruskan oleh windows visata pada 30 januari 2007.
Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum